Labels

Friday, January 13

Ah si Ibu Bikin Kangen Aja...

Setelah 2bulan, eh tepatnya 9minggu 5hari gue gak pulang, akhirnya dihari ke-74 ini gue menginjakkan kaki lagi digubug yang penuh riak dan hangat disetiap jiwa-jiwa didalamnya. Asal jangan gubug derita aja hahaha; semoga. Kepulangan gue kesini itu penuh dengan kebimbangan dan kegalauan [kata itu lewat lagi] sebenernya. Dari jauh hari gue mutusin buat balik, tapi adaaa aja yang bikin gak jadi marahmarahYang bikin gondok dan mata gue keluar api tuh waktu suruh nemuin dosen buat ngoreksi tugas dan berangkat ngisi attending list makul ITC. Yang ngeselin itu loh, dosennya bilang “yang tidak berangkat, saya anggap tidak mengikuti UAS. Terima kasih.”  ngambek Kenapa ngeselin, soalnya itu diadain di minggu tenang. Tapi akhirnya setelah dibujuk rayu tanpa gombalan pastinya [dosennya terlalu cool], eh mau dah tuh dosen buat ngundur jadwalnya hahaha. Dan rencana gue buat pulang cuma keundur sehari aja 

Oke. Saat yang ditunggu datang juga. PULANG. Coming home is the best trip! When our feeling happy, come and meet our family home. Bring many things unreal. Togetherness is around us.
Gue pulang dengan hati girang, walau beban tetap di otak. Semoga gak galau nunggu UAS dirumah. Without books material. Tadinya mau bawa, tapi males bawa kesitunya lagi hehehe. Ya, gue bisa browsing buat dapet materi-materi itu kok belajar

Pulang kali ini gue ngrasa beda, ngrasa seneng banget. Kangennya banget banget sama si Ibu. Gak tau kenapa, tumben banget gue kangen kaya gini ke Ibu. Babeh jemput gue ditengah hujan deras berangin dan petir. Kita nerobos hujan sampe rumah  Gue disuruh pake mantel, tapi gue gak mau, gue gak suka. Ya akhirnya kita basah kuyup.dingin dinginSampe rumah, yang pertama kali gue liat adalah motor gue nangkring, nganggur tapi sedikit kotor, habis dipake kayaknya. Trus gue ucap salam, si Ibu bales salam.

“Assalamualaikum, maaak…” peluk erat
“Waalaikumsalam. Jare pan balik ngesuk, malah siki priwe, Non. Terus adus li maem nganah…” [katanya mau pulang besok, kok jadi sekarang, gimana sih, Non. Langsung mandi terus maem sana…]

Aduuuh si Ibu ini, tumben banget perhatian ke anak perempuan satu-satunya hehehe bangga diri Eits! Dasar emang keras kepala ya, intruksi si Ibu gue balik; makan dulu baru mandi hahah berguling di lantai berguling di lantaiLapar sudah anakmu ini, Ibu… menu pertama gue dirumah setelah 74hari diperantauan adalah sayur singkong, mendhoan tanpa sambal. Bener-bener gak match kalo makan tanpa sambal huhuhu. Gak masalah buat gue, yang penting makan. Selesai makan, gue serbu isi kulkas. Mengecewakan. Adanya wortel, telor 2 biji, es batu, apel 3 biji, sama jajanan adek gue. gak jadi deh berkesahberkesah Akhirnya gue ngobrol bentar sama si Ibu. Gue cerita 2bulan ngapain aja disana. Gak semuanya sih, ringkas aja, termasuk trip gue ke Jogja nemuin teman dekat yang baru dekat dan langsung dekat. Kebetulan gue lagi online di twitter, si Ibu tau ternyata kalau itu twitter. Nah kebetulan juga, teman dekat gue itu lewat di TL [baca: timeline]. Udah deh, gue tunjuk tuh fotonya dia.

ki bu, koncoku sing tak temoni wingi nang Jogja sing tak ceritani wingi nang sms” [ini bu, temanku yang aku temui kemaren di Jogja, yang kau certain di sms]
oh kiye. Lha wis nerusna urung? Kue ditiru pintere, Non. Dadine Ibu li seneng nek koe pinter” [oh ini orangnya. Udah nerusin kuliah lagi belum sih? Tuh di contoh pinternya, Non. Jadi kan Ibu seneng kalo kamu pinter]
Alah si Ibu ini, hmm. “iya bu. Amin. Entuk salam, bu…”
“iya, waalaikumsalam ya…” lanjut pindah posisi kedepan TV.

Ehm, itu obrolan yang special buat gue. antara Ibu dan anak yang sebelumnya gak pernah terjadi selama 19tahun. Gue ngrasa obrolan kita tadi lumayan intim dan santai. Kapan lagi ya bisa kaya gitu. Layaknya sih semenjak Mom’s Day  kemaren deh. Ah si Ibu, bikin kangen ajaaaberi semangat ciumcium